1

1

Kamis, 12 Maret 2015

AIR PANAS BEBAS BIAYA ENERGI




Kebutuhan air panas untuk keperluan hidup sehari-hari telah menjadi kebutuhan primer setiap orang. Air panas tidak hanya sebagai kebutuhan di rumah tetapi sudah menjadi standar internasional, baik untuk keperluan Hotel, Rumah Sakit, Apartment, Industri dan lain-lain. Cara mendapatkan air panas tersebut tidaklah mudah dan diperlukan biaya operasional yang besar untuk pemakaian listrik dan gas.
WIKA Aircon Water Heater yang dikenal dengan merk "WIKA AWH" diciptakan untuk memberikan solusi tersebut, dengan hanya mengaktifkan AC sudah dapat memproduksi air panas pada tangki. Pemanasan yang dilakukan dengan memanfaatkan gas panas yang terbuang pada AC dan disalurkan ke tangki AWH dengan menggunakan Heat Exchanger yang terpasang di dalam tangki, sehingga tidak perlu biaya tambahan (Free biaya listrik).

PRINSIP KERJA AIRCON WATER HEATER
Aircon Water Heater adalah pemanas air yang memanfaatkan suhu freon yang sangat tinggi pada saat keluar dari kompresor. Pada AC biasa, suhu tersebut akan diturunkan lagi (dibuang) pada condensor dengan cara ditiup dengan kipas. 
Sebelum masuk condensor, aliran freon panas tersebut dibelokkan kedalam tangki yang berisi air dingin. Di dalam tangki ada pipa spiral yang disebut Heat Exchanger. Sehingga terjadi kontak antara freon panas dan air dingin pada heat exchanger. Air yang semula dingin perlahan akan memanas sesuai dengan suhu freon. Sebaliknya freon yang semula sangat panas akan sedikit menurun temperaturnya sebagai hasil kontak dengan air dingin tersebut. 



Berikut Ilustrasi Cara Kerja Wika AWH 
 
  

GAMBAR POTONGAN WIKA AIRCON WATER HEATER

 • Storage tank: untuk menyimpan air hasil pemanasan
 • Heat Exchanger: sebagai sarana penukar panas antara freon panas & air dingin
 • Safety Valve: pengaman tangki bila terjadi temperatur dan atau tekanan berlebih
 • Check Valve: atau katup searah, mencegah air dari tangki mengalir balik ke sumber
 • Electric Heater: komponen pemanas bantu apabila AC tidak dihidupkan (model tertentu)
 • Thermostat: pengontrol on-off daripada Electric Heater (model tertentu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar